by

Mulyadi ‘Sulap’ 125 Hektar Lahan Kritis Jadi Lahan Multi Guna

-Bisnis, Ekonomi-2,148 views

BABARNEWS.COM — Sekitar 125 hektar lahan kritis di Desa Puput-Air Gantang Kecamatan Parittiga, yang semula sebagai eks tambang, sejak beberapa tahun lalu, sudah ‘disulap’ menjadi lahan multi guna.

Kolam ikan di bangun di atas lahan kritis eks tambang, di Bukit Mantan Indah (BMI) Park, di Desa Puput-Air Gantang Kecamatan Parittiga, yang dibangun oleh Mulyadi, sejak beberapa tahun lalu.(foto riyadi babarnews.com)

Selain dihijaukan dengan banyak tanaman produktif, seperti sawit, ubi, kelapa, durian, kurma dan buah-buahan lainnya, areal yang kini dikenal dengan Bukit Mantan Indah (BMI) Park itu, juga dibangun beberapa kolam besar untuk ikan air tawar, peternakan hingga perumahan dan sirkuit grasstrack.

Baca Juga :  NasDem Babar Usulkan Agar Pemda Menyediakan Anggaran Untuk Membantu Pelaku UMKM Yang Mengalami Penurunan Pendapatan Akibat Virus COVID 19

Kolam renang untuk olahraga dan keluarga, juga mulai dibangun.

“Luas lahannya sekitar 125 hektar, mulanya lahan ini lahan kritis, secara bertahap dihijaukan oleh Pak Mulyadi. Di sini juga kami buka kebun kurma, penanaman sudah mulai, insya Allah tahun depan BMI (Bukit Mantan Indah) Park ini, jadi kawasan hijau, asri,” ujar Pengurus BMI Park Hasbullah di lokasi BMI Park, Jumat (23/8/2019).

Baca Juga :  Pengusaha Walet Yang Tidak Aktif Bayar Pajak, Wabup : Akan Kita Kejar Biar Adil

Dikatakan Hasbullah, bahwa Pak Mulyadi memiliki komitmen untuk menghijaukan lahan kritis.

Manfaat kedepan, diharapkan selain sebagai agro wisata, juga sebagai tempat bermain dan olahraga.

“Kami siap dengan areal before after. Before-nya dulu kan lahan kritis, after-nya ya hijau, karena dilakukan penghijauan, ini sebagai bentuk penyelamatan dan pengembalian lahan kritis ke lahan yang hijau, tapi bernilai produktif dan ekonomis,” jelas Hasbullah.(red)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *